Profil PPT


Profil PPT


Kompetensi Keahlian Pemuliaan dan Perbenihan (PPT) SMKN 3 Baleendah Menghasilkan Tamatan Yang Memiliki Pengetahuan, Keterampilan Dan Nilai Serta Sikap Yang Terintegrasi Dan Kecakapan Kerja Dalam Program Keahlian Agribisnis Tanaman Dengan Menerapkan Kewiraswastaan Serta Mampu Mengadaptasi Perkembangan Masyarakat Yang Sesuai Dengan Kemajuan Ilmu Dan Teknologi Serta Dapat Memenuhi Tuntutan Dunia Kerja Masa Sekarang Dan Masa Yang Akan Datang.

VISI

Menghasilkan Tamatan Yang Memiliki Pengetahuan, Keterampilan Dan Nilai Serta Sikap Yang Terintegrasi Dan Kecakapan Kerja Dalam Program Keahlian Agribisnis Tanaman Dengan Menerapkan Kewiraswastaan Serta Mampu Mengadaptasi Perkembangan Masyarakat Yang Sesuai Dengan Kemajuan Ilmu Dan Teknologi Serta Dapat Memenuhi Tuntutan Dunia Kerja Masa Sekarang Dan Masa Yang Akan Datang.

MISI

  1. Memasuki Lapangan Kerja Serta Dapat Mengembangkan Sikap Professional Dalam Lingkup Keahlian, Mampu Memilih Karir, Mampu Berkompetensi Dan Mampu Mengembangkan Diri Dalam Lingkup Keahlian Agribisnis Tanaman
  2. Menjadi Tenaga Kerja Tingkat Menengah Untuk Mengisi Kebutuhan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Pada Saat Ini Maupun Masa Yang Akan Datang Dalam Lingkup Keahlian Agribisnis Tanaman
  3. Menjadi Warga Negara Yang Produktif, Adaptif, Selektif Dan Kreatif

Tujuan Kompetensi Keahlian Pemuliaan dan Perbenihan Tanaman

1.      Tujuan Umum

        Menghasilkan tamatan yang memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang terintegrasi dalam kecakapan kerja di bidang keahlian Agribisnis dan Agroteknologi terutama Kompetensi Keahlian Pemuliaan dan Perbenihan  Tanaman, yang memiliki wawasan wirausaha dan mampu beradaptasi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi yang diterapkan di masyarakat , dunia usaha dan dunia industri.

 

2.      Tujuan Khusus

SMK Program Keahlian Pemuliaan dan Perbenihan Tanaman sebagai bagian dari pendidikan menengah, bertujuan menyiapkan siswa/tamatan :

a.    Untuk memasuki lapangan kerja pada level 3 KKNI serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam lingkup Bidang Keahlian Agibisnis dan agroteknologi, khususnya kompetensi keahlian Pemuliaan dan Tanaman.

b.    Mampu memilih karier, berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Bidang Keahlian Agibisnis dan agroteknologi, khususnya kompetensi keahlian Pemuliaan dan Perbenihan Tanaman

c.    Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan industri pada saat ini maupun masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Bidang Keahlian Agibisnis dan agroteknologi, khususnya kompetensi keahlian Pemuliaan Tanaman

d.   Menjadi warga negara yang produktif, adaptif, selektif dan kreatif.


TEMPAT PRAKTIK

1.      Kampus I SMKN 3 Baleendah

2.      Kampus II Lahan Praktik Sipatahunan

3.      Kampus III  Praktik Manggahang


MASA BELAJAR

Masa Belajar Selama 4 Tahun dan magang kerja dilaksanakan di Dunia Usaha / Dunia Industri. Kegiatan dilaksanakan di kelas XIII semester 7.  Lama kegiatan 6 bulan, dibawah koordinasi wakasek hubin.


PRAKTIK KERJA INDUSTRI

Praktik Kerja Industri yang disingkat dengan “prakerin”merupakan bagian dari program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di Dunia Kerja, sebagai wujud nyata dari pelaksanaan sistim pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistim Ganda (PSG).Program  prakerin disusun bersama antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap pengembangan program pendidikan SMK.

Dengan prakerin peserta didik dapat menguasai sepenuhnya aspek-aspek kompetensi yang dituntut kurikulum, dan dapat mengenal lebih dini dunia kerja yang menjadi dunianya kelak setelah menamatkan pendidikannya.

Pelaksanaan prakerin yang diprogramkan oleh SMKN 3 Baleendah berlangsung selama tiga bulan, dimulai dari bulan Februari sampai dengan bulan April pada setiap tahun pelajarannya, hal ini setara dengan 720 jam pelajaran.

Adapun tujuan yang diharapkan dapat dicapai dengan diselenggarakannya prakerin adalah :

a. Pemenuhan kompetensi sesuai tuntutan kurikulum

Penguasaan kompetensi dengan pembelajaran di sekolah sangat ditentukan oleh fasilitas pembelajaran yang tersedia.Jika ketersediaan fasilitas terbatas, sekolah perlu merancang pembelajaran kompetensi di luar sekolah (Dunia Kerja mitra). Keterlaksanaan pembelajaran kompetensi tersebut bukan diserahkan sepenuhnya ke Dunia Kerja, tetapi sekolah perlu memberi arahan tentang apa yang seharusnya dibelajarkan kepada peserta didik.

b. plementasi kompetensi ke dalam dunia kerja

Kemampuan-kemampuan yang sudah dimiliki peserta didik, melalui latihan dan praktik di sekolah perlu diimplementasikan secara nyata sehingga tumbuh kesadaran bahwa apa yang sudah dimilikinya berguna bagi dirinya dan orang lain. Dengan begitu peserta didik akan lebih percaya diri karenaorang lain dapat memahami apa yang dipahaminya dan pengetahuannya diterima oleh masyarakat.

c. Penumbuhan etos kerja/pengalaman kerja.

SMK sebagai lembaga pendidikan yang diharapkan dapat menghantarkan tamatannya ke dunia kerja perlu memperkenalkan lebih dini lingkungan sosial yang berlaku di Dunia Kerja.Pengalaman berinteraksi dengan lingkungan Dunia Kerja dan terlibat langsung di dalamnya, diharapkan dapat membangun sikap kerja dan kepribadian yang utuh sebagai pekerja..

Dunia  Usaha dan Dunia Industri yang sesuai dengan Kompetensi  Keahlian Pemuliaan dan Perbenihan Tanaman, diantaranya :

  1. PT East Weast
  2. Balai Benih Kentang Pangalengan
  3. Balai Benih Hortikultura Pasir Banteng
  4. Balitsa ( Pemuliaan Tanaman)
  5. PT. Agro Prabu Mandiri 
  6. UNPAD Fakultas Pertanian
  7. UNWIM Fakultas Pertanian


PRESTASI 

1.      Juara I Tingkat Nasional-2009 LKS Agribisnis Pembibitan Tanaman

2.      Juara I Tingkat Provinsi 2009 LKS Agribisnis Pembibitan Tanaman

3.      Juara II Tingkat Provinsi 2010 LKS Agribisnis Pembibitan Tanaman

4.      Juara III Tingkat Provinsi- 2011 LKS Agribisnis Pembibitan Tanaman

5.      Juara I Tingkat Kabupaten Bandung-2017 LKS Agribisnis Pembibitan Tanaman